TUTUR TINULAR “Jurus Naga Puspa”


 Suatu ketika, pasukan Majapahit pimpinan Resapati dan Suropati hendak mengirim upeti. Di perjalanan, mereka dikejutkan dengan kedatangan beberapa orang tak dikenal. Mereka bermaksud untuk merampok upeti yang dibawa. Pertarungan terjadi antara pasukan dengan kawanan perampok. Di tengah pertarungan, Mpu Tong Bajil dan Dewi Sambi tiba-tiba turut campur dalam arena. Mereka membantu perampok dan menyerang pasukan Majapahit.Mendengar berita tersebut, Prabu Kertanegara Jayawardhana langsung membentuk pasukan yang bertugas untuk meringkus perampok tersebut. Patih Nambi dan Tumenggung Wahana mendapat mandat untuk melakukannya dengan dibantu oleh Arya Kamandanu dan Sakawuni. Selain karena ilmu kanuragan yang mumpuni, mereka dianggap paham dengan sepak terjang Mpu Tong Bajil dan Dewi Sambi.

 Perjalanan Arya kamandanu dengan Sakawuni untuk mencari para perampok dimulai. Mereka menyisir sekitar Gunung Lamongan hingga tiada terduga bertemu dengan Mpu Tong Bajil. Setelah adu argumen, pertempuran tak dapat dihindarkanlagi. Mpu Tong Bajil merasa sakit hati dengan kekalahan Kerajaan Kadiri. Ia juga masih berkeinginan untuk merebut Pusaka Pedang NagaPuspa. Akhirnya, Mpu Tong Bajil berhasil merebutPusaka Pedang Naga Puspa serta membuat Arya Kamandanu takut dengan Roh Naga Pedang Naga Puspa.Di sisi lain, di Kedaton Majapahit, Arya Kamandanu difitnah oleh Dyah Halayudha dengan tuduhan bersengkongkol dengan perampok. Gosip tersebut dimaksudkan untuk menyingkirkan Kamandanu dari kerajaan. Menurut Halayudha, pusaka yang digunakan oleh para perampok mirip dengan pusaka yang dimiliki oleh Arya Kamandanu. 

 Beberapa pihak mulai percaya dengancerita tersebut.Karena masih dilanda kebingungan, Arya Kamandanu tak menggubris isu tersebut. Ia lebihmemilih untuk segera merebut kembali Pedang Naga Puspa yang direbut Mpu Tong Bajil. Namun, ia masih ragu dan takut dengan kekuatan yang dimiliki oleh Naga Puspa.Perjalanan Arya Kamandanu untuk mencari Mpu Tong Bajil terhenti di Gua Jamur. Dalam gua tersebut, ia bertemu saudara seperguruan bernama Wirot. Ia kemudian bercerita tentang hilangnya Pusaka Pedang Naga Puspa buatan tangan Mpu Ranubaya. Ketika sedang beristirahat di dalam gua, ia bermimpi mendapat wangsit untuk melengkapi Jurus Naga Puspa sampai tingkatan ke 5. Dan untuk mencapai hal tersebut, ia harus bertemu dengan Mpu Lunggah.Kamandanu pun bergegas menuju Desa Kapulungan untuk menemui Mpu Lunggah. Ia kemudian mempelajari jurus Naga Puspa di bawah bimbingan Mpu Lunggah.

Avepress.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s